Sabtu, 27 April 2024,
BERITA SELA

Rabu, 14 Jun 2023, 11:13:59 WIB, 385 View Rahma S. , Kategori : UMUM


KENDARI- Jelang  hari raya Iduladha mendatang, Presiden Republik (RI) Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kembali menyumbangkan satu ekor sapi kurban di Sulawesi Tenggara (Sultra). Untuk memastikan kondisi sapi kurban, tim kepresidenan dalam waktu dekat bakal mengecek langsung sumbangan sapi kurban presiden di Sultra.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sultra, La Ode Muhammad Rusdin Jaya mengatakan, Presiden RI kembali berkurban di Sultra. Kini pihaknya lagi menunggu tim dari kepresidenan yang rencananya akan datang untuk memastikan kondisi sapi kurban presiden di Sultra.

" Dimana dari tiga pilihan sapi yang kita dorong untuk kurban Pak Presiden akan difinalkan menjadi satu. Disini kita akan finalkan jenis sapi limosin," kata Rusdin

Mantan Kepala Biro Pembangunan Sultra ini menambahkan, untuk lokasi pemotongan sapi kurban presiden bertempat di Kota Baubau.

"Lokasi kurban presiden tahun ini di Kota Baubau. Sementara untuk lokasi sumber sapinya dari Kabupaten Konawe Selatan,"ujarnya.

Dia menjelaskan, kedatangan tim kepresidenan diwilayan Sultra selain untuk memastikan kondisi kesehatan sapi juga memastikan biaya sapinya. Tentu bantuan sapi presiden ini setiap tahun selalu ada.

"Berat sapi yang telah kita pilih sekira 850 kilogram (kg), jadi hampir satu ton. Ini jenis sapi limosin warna hitam dan harganya sekitar Rp95 juta, sudah termaksud ongkos transpor ke Baubau, " ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Sultra, La Ode Muhammad Jabal mengungkapkan, sapi yang disiapkan Distanak Provinsi Sultra ini berjenis limosin. Dimana dari Distanak Sultra sendiri telah memastikan kondisi kesehatan hewanya. Namum tentu tetap harus ada pengecekan dari tim kepresidenan.

"Usia sapi yang dipilih 4 tahun dari peternak di Desa Morome, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan," tutupnya. 



Jelang Lebaran, Harga Pangan di Kendari Terpantau Stabil
Minggu, 07 Apr 2024, Dibaca : 117 Kali
Sholat Tarawih di Masjid Raya Al-Kautsar, Wapres Ma\'ruf Amin \"Puasa Itu Spesial\"
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 50 Kali
Wapres RI Kunjungan Kerja di Sulawesi Tenggara
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 66 Kali

Tuliskan Komentar