Kamis, 18 April 2024,
BERITA SELA

Kamis, 30 Jun 2022, 21:34:40 WIB, 599 View Agus, Kategori : UMKM

Kolaka - Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra berupaya meningkatkan kualitas produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya melalui pelatihan desain kemasan produk. Kemarin, pelatihan dilaksanakan di Kolaka. Sebanyak 50 pelaku UMKM turut ambil bagian dalam program pelatihan tersebut. 

Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra, Syamsinar menjelaskan, latar belakang dilaksanakannya pelatihan karena masih rendahnya pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya desain kemasan produk. Padahal kemasan sangat menentukan nilai jual produknya. Apalagi, produk (isi) yang dihasilkan sudah memadmemadai. 

“Kami harap melalui pelatihan ini, pelaku UMKM bisa menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi. Dengan begitu, tentu bisa menjadi ladang pendapatan bagi mereka sendiri,” ungkap Syamsinar usai membuka pelatihan Desain Kemasan Produk di Hotel Gelora, Kolaka. 

Syamsinar yakin, pelatihan yang dilaksanakan bisa meningkatkan pemahaman peserta tentang membuat desain kemasan produk menjadi lebih menarik dan bisa menambah nilai jual dagangannya. “Kami akan terus bergerak membantu mereka,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka, Zulkarnain Mansyur menyambut baik pendampingan yang diberikan. Menurutnya, pelatihan desain kemasan produk yang digelar penting untuk memajukan ekonomi kreatif daerah. 

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya memajukan ekonomi kreatif yang berbasis daya saing dan inovatif. Mudah- mudahan apa yang menjadi harapan kami, menjadikan Kabupaten Kolaka sebagai salah satu kabupaten kreatif, bisa terwujud,” harapnya. 

Sekadar informasi, dalam upaya meningkatkan pemahaman pelaku UMKM terkait desain kemasan produk, Dispar Sultra menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidangnya, seperti Imas Yahudi (Anggota Asosiasi Industri Desainer Indonesia), La Ode (MasterChef Indonesia) dan Andi Zulkarnain Mansyur (Kepala Dispar Kolaka). Kegiatan ini digelar selama tiga hari. Mulai Selasa, 28 Juni hingga Kamis, 30 Juni 2022. (*)



Jelang Lebaran, Harga Pangan di Kendari Terpantau Stabil
Minggu, 07 Apr 2024, Dibaca : 91 Kali
Sholat Tarawih di Masjid Raya Al-Kautsar, Wapres Ma\'ruf Amin \"Puasa Itu Spesial\"
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 46 Kali
Wapres RI Kunjungan Kerja di Sulawesi Tenggara
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 57 Kali

Tuliskan Komentar