Sabtu, 27 April 2024,
BERITA SELA

Senin, 30 Okt 2023, 09:52:21 WIB, 277 View Rahma S. , Kategori : INFLASI

 

KENDARI-

Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sulawesi Tenggara (Sultra) membagikan 5000 paket sembako gratis kepada masyarakat di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Mandonga, Kecamatan Abeli dan Kecamatan Baruga.  Pembagian paket sembako ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemrov Sultra dalam menekan inflasi di Kota Kendari. 

Pj. Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan,  pasar murah yang di gelar merupakan salah satu upaya dalam mengendalikan inflasi daerah dan  sesuai atensi khusus oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk menurunkan inflasi, stunting dan kemiskinan ekstrim. 

"Kita sudah memberikan 5.000 bantuan kepada masyarakat. Semoga ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Kita perlu mengambil langkah-langkah supaya bisa  stabil karena inflasi, supaya gaya beli masyarakat juga berkurang. Semoga bantuan sosial ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, "ujarnya.

Selain itu, kata dia dalam menekan inflaai, dilakukan intervensi  Pemprov Sultra melalui perangkat daerah terkait melalui Tim TPID , DPRD Provinsi Sultra, Badan Pangan Daerah, dan perum Bulog

 "Ini menjadi perhatian kita karena inflasi di wilayah ini mengalami peningkatan dibandingkan bulan lalu yang relatif turun. Meski begitu, pemerintah daerah bersama-sama hadir di sini, dengan Perum Bulog, Ketua DPRD Provinsi Sultra, dan Badan Pangan, guna melakukan  intervensi langsung,"ujarnya.

Sementara itu,  Kepala Dinas  Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra, Siti Saleha mengatakan, sebanyak 5.000 paket sembako gratis telah didistribusikan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Baruga 1.000 paket, Mandonga 2.000 paket dan  2.000 paket lainnya diserahkan di Kecamatan Abeli.  Bantuan ini diberikan melalui kerjasama dengan pemerintah provinsi dan kecamatan untuk memastikan penyaluran yang tepat sasaran. 

"Masyarakat yang telah mendapatkan kupon, dapat langsung menukarnya dengan sembako. Adapun sembako yang diperoleh masyarakat yakni beras premium 5 kilogram, minyak goreng dan gula pasir. Karena ketiga komoditi ini merupakan penyumbang inflasi di Kota Kendari,"ujarnya.

Kedepannya, Pemrov Sultra juga akan membagikan paket sembako gratis di Kota Baubau. Mengingat di Kota tersebut inflasinya juga cukup tinggi. Selain itu Pemrov Sultra juga akan melakukan operasi pasar terkait tabung gas LPG 3 kilogram yang saat ini tengah langka dan harganya yang melonjak naik.

"Kita akan koordinasikan dengan Pertamina untuk menjual tabung gas LPG dengan harga normal, untuk membantu masyarakat," pungkasnya. 

 

 



Jelang Lebaran, Harga Pangan di Kendari Terpantau Stabil
Minggu, 07 Apr 2024, Dibaca : 117 Kali
Sholat Tarawih di Masjid Raya Al-Kautsar, Wapres Ma\'ruf Amin \"Puasa Itu Spesial\"
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 50 Kali
Wapres RI Kunjungan Kerja di Sulawesi Tenggara
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 66 Kali

Tuliskan Komentar