Sabtu, 27 April 2024,
BERITA SELA

Minggu, 13 Nov 2022, 19:31:38 WIB, 459 View Agus, Kategori : UMKM

Wakatobi - Perhelatan Wakatobi Wonderfull and Expo atau Wakatobi Wave, akhirnya resmi dimulai. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama lima hari. Pada hari pertama, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi menggelar expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Marina Togo Mowondu, Kecamatan Wangi-wangi.

Pameran UMKM itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan Wakatobi Wave yang berlangsung hingga 14 November 2022. Expo UMKM tersebut dibuka Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal VI) Makassar, Brigjend Marinir Amir Kasman, didampingi Asisten Deputi Permodalan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Kemenkomarves, Suparman dan Bupati Wakatobi, Haliana serta Wakilnya, Ilmiati Daud.

Bupati Wakatobi, Haliana, mengatakan, industri kreatif dan ekonomi digital menjadi salah satu upaya dalam mendukung, memerkenalkan juga memerluas pemasaran produk ekonomi kreatif serta UMKM yang ada di otoritanya.

"Dalam rangka meningkatkan nilai jual dan kualitas produk UMKM kreatif lokal Wakatobi, Pemkab bekerja sama dengan Bank Indonesia, Kemenparekraf RI, mendukung berbagai peningkatan sumber daya manusia pelaku dalam bentuk berbagai macam Workshop bantuan teknis, dan pameran produk ekonomi kreatif dan ekonomi digitalisasi yang dirangkaikan dalam perhelatan Festival Nasional Wakatobi Wave 2022,” ungkap Haliana, kemarin.

Haliana juga mengatakan, pada tahun 2021 lalu Kabupaten Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu Kabupaten Kreatif oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Pencapaian tersebut sangat luar biasa yang akan membuka banyak peluang untuk mengakses ribuan kebijakan dalam berbagai program dari kementerian lembaga terkait pengembangan ekonomi kreatif,” tambah Wakatobi-1 tersebut.

Ia berharap pelaku industri kreatif dan UMKM di Wakatobi dapat naik kelas. Sebagai bentuk intervensi yang dilakukan Pemkab Wakatobi yakni dengan memberikan stimulus dan peningkatan kapasitas, agar dapat melahirkan lokal enterpreneur inovatif yang memiliki kekuatan imajinasi, kreativitas dan dapat merangsang terciptanya ekosistem ekonomi kreatif yang kuat. (*)



Jelang Lebaran, Harga Pangan di Kendari Terpantau Stabil
Minggu, 07 Apr 2024, Dibaca : 117 Kali
Sholat Tarawih di Masjid Raya Al-Kautsar, Wapres Ma\'ruf Amin \"Puasa Itu Spesial\"
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 50 Kali
Wapres RI Kunjungan Kerja di Sulawesi Tenggara
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 66 Kali

Tuliskan Komentar