Sabtu, 27 April 2024,
BERITA SELA

Kamis, 31 Agu 2023, 17:16:22 WIB, 867 View Rahma S. , Kategori : INFLASI

 

KENDARI-

Pemerintah Pusat kini terus mendorong penekanan inflasi diseluruh wilayah Indonesia melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Bahkan kali ini, pemerintah memberi reward TPID kepada daerah yang mampu menekan angka inflasi.  Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil masuk dalam  nominasi TPID Award sebagai TPID provinsi berkinerja terbaik kawasan Sulawesi  dari menteri koordinator bidang perekonomian RI, Airlangga Hartanto.

Penyerahan nominasi TPID award digelar dalam kegiatan Rapat Koordinasi  Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2023 yang dipimpin langsung Presiden RI, Joko Widodo. Kegiatan ini mengusung temamampu memperkuat sinergi dan inovasi untuk stabilitas harga  menuju ketahanan pangan nasional yang berkelanjutan.

Diwilayah Sultra, Rakor diikuti secara virtual oleh seluruh OPD yang tergabung dalam TPID Sultra, di aula kantor Bank Indonesia, Kamis (31/8).

Dalam momen itu  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, saat ini angka inflasi Indonesia jauh lebih rendah ketimbang sejumlah negara di dunia termasuk Argentina dan Amerika Serikat (AS). Hal itu didukung oleh sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengendalikan inflasi

"Inflasi kita kini sangat  terkendali di angka 3,08 persen di Juli 2023, ini sebuah angka yang sangat baik sekali," kata Jokowi dalam Rakornas Pengendali Inflasi, yang diikuti secara virtual oleh TPID Sultra, di kantor BI Sultra, Kamis (31/8).

Orang nomor satu di Indonesia itu pun membandingkan angka inflasi  Indonesia dengan sejumlah negara di Dunia.

"Bila kita lihat inflasi Argentina tembus 113 persen, ini pertumbuhan ekonomi berapa pun pasti tekor. Kemudian inflasi Turki 47 persen, India 7,4 persen, Uni Eropa 5,3 persen, Amerika Serikat (AS) 3,2 persen,"jelas Jokowi.

 

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut laju inflasi Indonesia turun lebih cepat dan telah kembali ke sasaran 2-4 persen.

 

“Pada Juli 2023, lalu inflasi turun dari 5,51 persen pada akhir 2022 menjadi 3,08 persen secara tahunan, termasuk salah satu yang terendah di dunia,” kata Perry.


Ia menekankan, inflasi yang terkendali penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

" BI pun akan terus memperkuat bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi melalui koordinasi erat dengan pemerintah,"ujarnya.

 

Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengatakan bahwa kinerja inflasi Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

 

"Inflasi Juli 3,08 persen  (yoy) dan ini lebih baik dibandingkan sejumlah negara G20 lainnya," ujar Airlangga.

 

Bahkan, dia mengungkapkan inflasi di negara India masih mencapai 7,44 peraen, , Inggris 6,8 persen, Italia 5,9 persen dan Uni Eropa 5,3 persen. "Kita berharap dengan langkah yang tepat dalam mengendalikan inflasi, target 2024 inflasi turun 2,5 persen plus minus 1 persen bisa tercapai,"ungkap ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat tersebut.



Jelang Lebaran, Harga Pangan di Kendari Terpantau Stabil
Minggu, 07 Apr 2024, Dibaca : 117 Kali
Sholat Tarawih di Masjid Raya Al-Kautsar, Wapres Ma\'ruf Amin \"Puasa Itu Spesial\"
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 50 Kali
Wapres RI Kunjungan Kerja di Sulawesi Tenggara
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 66 Kali

Tuliskan Komentar