Jumat, 29 Maret 2024,
BERITA SELA

Jumat, 08 Apr 2022, 17:56:06 WIB, 504 View Agus, Kategori : Perairan

Kendari - Kabar gembira bagi kelompok nelayan. Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kembali bakal menyalurkan bantuan kapal penangkap ikan. Tidak hanya kapal, pemerintah turut membagikan mesin kapal dan alat penangkap ikan berupa jaring gillnet dan bubu rajungan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari Imran Ismail mengatakan pengadaan kapal, mesin dan alat tangkap ini diharapkan bisa membantu masyarakat nelayan. Apalagi sebagian besar nelayan masih menggunakan alat tangkap tradisional. Dengan adanya bantuan ini, hasil tangkap nelayan meningkat.

“Mohon bantuannya dijaga dan digunakan dengan baik sehingga bisa menjadi jalan untuk peningkatan kesejahteraan nelayan. Karena tidak setiap tahun, bantuan seperti ini diadakan,” ujar Imran Ismail saat dikonfirmasi Kendari Pos, Kamis (7/4).

Kapal yang disalurkan lanjutnya, sebanyak 30 unit. Sementara mesin kapal sebanyak 71 unit. Untuk alat tangkap ikan berupa jaring Gillnet dan bubu rajungan sekitar 701 set. Sebab jaring nelayan hanya bisa mencapai kedalaman 5 sampai 7 meter. Dengan Pemberian bantuan alat tangkap ikan modern ini, hasil tangkap nelayan bisa meningkat sehingga volume pasokan ikan meningkat.

Bantuan ini diperuntukkan kepada kelompok nelayan di enam kecamatan. Enam kecamatan itu yaitu Abeli, Kendari, Kendari Barat, Nambo, Mandonga dan Poasia. Untuk program bantuan tahun ini, DKP Kota Kendari juga akan memfokuskan bantuan untuk pemberdayaan nelayan, perikanan budidaya dan pengelolaan hasil perikanan.

“Program bantuan ini menelan anggaran Rp 10 miliar. Program ini sudah mencakup pemberdayaan nelayan, kegiatan budidaya ikan dan pengelolaan hasil ikan,” tuturnya. (*)



Sholat Tarawih di Masjid Raya Al-Kautsar, Wapres Ma\'ruf Amin \"Puasa Itu Spesial\"
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 26 Kali
Wapres RI Kunjungan Kerja di Sulawesi Tenggara
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 33 Kali
Hadapi Bulan Suci Ramadan, Pemprov Sultra Rakor Cek Pasokan dan Upaya Kendalikan Inflasi
Jumat, 08 Mar 2024, Dibaca : 44 Kali

Tuliskan Komentar