Jumat, 29 Maret 2024,
BERITA SELA

Rabu, 18 Mei 2022, 21:56:00 WIB, 369 View Agus, Kategori : INFLASI

Kolaka - Sepekan pasca hari raya Idul Fitri, harga kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) di Kabupaten Kolaka, mulai menurun. Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, perbedaan harga Sembako cukup signifikan antara saat jelang dan sesudah lebaran. Harga bawang merah misalnya. 

Sepekan sebelum lebaran, harga komoditas tersebut mencapai Rp 40 ribu per kilogram. Saat ini turun menjadi Rp 35 ribu. Begitu pun bawang putih yang sebelumnya Rp 35 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu. 

Penurunan harga juga terjadi pada telur ayam ras yang sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram kini turun menjadi Rp 22 ribu. Cabai besar yang harganya juga sempat mencapai Rp 40 ribu per kilo kini menjadi Rp 35 ribu. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, Muhammad Azikin, mengungkapkan, penyebab turunnya sejumlah harga Sembako di Bumi Mekongga karena banyak stok yang tersedia. Sementara, permintaan pasca lebaran menurun drastis. 

"Saat atau jelang lebaran itu kebutuhan Sembako memang sangat tinggi. Apalagi penduduk di Kabupaten Kolaka mayoritas merayakan lebaran. Makanya permintaan saat itu meningkat. Jadi saat ini permintaan menurun sehingga harga juga turun," jelasnya saat ditemui Jumat (13/5). 

Muhammad Azikin menambahkan, banyaknya stok yang tersedia juga disebabkan lancarnya pasokan Sembako dari luar daerah. "Alhamdulillah saat ini pasokan lancar sehingga stok pangan kita untuk saat ini masih aman," tuturnya. (*)

 



Sholat Tarawih di Masjid Raya Al-Kautsar, Wapres Ma\'ruf Amin \"Puasa Itu Spesial\"
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 26 Kali
Wapres RI Kunjungan Kerja di Sulawesi Tenggara
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 33 Kali
Hadapi Bulan Suci Ramadan, Pemprov Sultra Rakor Cek Pasokan dan Upaya Kendalikan Inflasi
Jumat, 08 Mar 2024, Dibaca : 46 Kali

Tuliskan Komentar