Kamis, 25 April 2024,
BERITA SELA

Minggu, 24 Apr 2022, 19:48:39 WIB, 1440 View Rahma S. , Kategori : Perekonomian

Kendari-Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) selama periode bulan Ramadhan dan idul fitri 1443 Hijriah (H), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sultra mengadakan layanan penukaran uang pecahan kecil Hadil Cetak Sempurna (HCS) melalui kegiatan kas keliling yang dilakukan di dalam kota maupun luar kota.

"Untuk kegiatan kas keliling di dalam kota dapat dilakukan di beberapa lokasi strategis yaitu mall mandonga, pasar kota lama, pasar Anduonohu, dan mall MGM Baruga. Selain itu kas keliling juga dilakukan di pasar murah yang berlokasi di SSDC ex MTQ, " kata Deputi Kepala Perwakilan KPwBI Sultra Aryo Wibowo T Prasetyo.

Sementara itu, untuk kas keliling luar kota akan dilakukan di Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi; Raha Kabupaten Muna; Ladongi Kabupaten Kolaka Timur dan Rumbia di Kabupaten Bombana.

"Kita keliling juga ke beberapa daerah termasuk mengedrop uang ke dua kas titipan. Jadi Bank Indonesia Sultra mempunyai dua kas titipan di Kota Baubau dan Kabupaten Kolaka. Kita punya kas titipan di sana, rata-rata kita taruh di kas Rp200 miliar, jadi secara distribusi merata," ujarnya

Dia menambahkan, selain kas keliling, BI Sultra juga menyiapkan  96 titik lokasi penukaran uang yang dapat dilakukan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

"Saat ini untuk posko penukaran uang ada di 96 titik perbankan,"terangnya.

Dia menjelaskan, penukaran uang di 96 titip ini dapat dilakukan masyarakat di semua loket perbankan yang ada di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara karena pihaknya telah bekerja sama dengan pihak perbankan.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan layanan kas keliling salah satunya di Kota Kendari dilakukan di area depan Mall Mandonga, depan Mall Kendari City, Pasar Anduonohu, depan Mall MGM dan pasar murah yang bertempat di Lapangan Tugu MTQ.

Dia menambahkan, selama periode Ramadhan 1 sampai 20 April 2022, nomilan uang pecahan kecil yang telah ditukarkan masyarakat baik melalui kas keliling dan penukaran di loket bank Indonesia, berjumlah kurang lebih Rp5 milyar.

"Pecahan uang kecil yang disediakan BI Sultra adalah pecahan Rp20 ribu kebawah. Tentunya nominal penukaran saat ini diperkirakan masih akan terus bertambah hingga minggu terakhir Ramadhan dan jelang idul Fitri, " bebernya.

Dia menyebut, pihaknya telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,4 triliun droping dana dari BI Banjarmasin sebagai depot, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Lebaran Idul Fitri 2022.

"Bank Indonesia telah menyiapkan dana penukaran uang itu hampir Rp1,4 triliun, droping dari Banjarmasin sebagai depot,"pungkasnya.



Jelang Lebaran, Harga Pangan di Kendari Terpantau Stabil
Minggu, 07 Apr 2024, Dibaca : 106 Kali
Sholat Tarawih di Masjid Raya Al-Kautsar, Wapres Ma\'ruf Amin \"Puasa Itu Spesial\"
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 49 Kali
Wapres RI Kunjungan Kerja di Sulawesi Tenggara
Kamis, 21 Mar 2024, Dibaca : 64 Kali

Tuliskan Komentar